Labels

Translate

Rabu, 03 Oktober 2012

Ternyata Pluto Mempunyai 5 Bulan


artikel 4

pluto have 5 M

Meski bukan lagi digolongkan sebagai planet, Pluto masih menarik untuk dipelajari. Temuan terbaru menunjukkan, Pluto memiliki lima buah bulan! 

Para astronom mengatakan, bulan kelima Pluto teramati pada hari Rabu (11/7), dengan Teleskop Antariksa Hubble. Saat itu, ilmuwan mengarahkan Hubble untuk membidik kawasan sekitar Pluto, untuk membantu menemukan kawasan aman bagi wahana antariksa New Horizons. Untuk kamu ketahui, wahana antariksa New

Horizons sedang menuju ke ke Pluto dan diperkirakan akan sampai  pada tahun 2015.

Belum banyak hal yang diketahui mengenai bulan kelima Pluto, yang disebut P5 tersebut. Hanya saja, kecerlangan cahayanya sekitar seperseratus ribu kecerlangan Pluto. Bulan itu  mengorbit Pluto pada jarak 26 ribu mil. 

Penemuan bulan kelima itu cukup mengejutkan. Wah, ternyata bulan yang dimiliki Pluto, banyak juga ya, padalah Pluto sudah tidak lagi digolongkan sebagai planet. Bulan yang mengobrit Pluto, lebih banyak daripada bulan-bulan yang mengorbit Merkurius, Venus, Bumi dan Mars sekaligus.  Kalian tahu, Merkurius dan Venus merupakan planet-planet yang diorbit bulan. Bumi memiliki satu bulan, sedangkan Mars memiliki dua bulan yaitu Phobos dan Deimos. 

Tim ilmuwan New Horizons sekarang menyiapkan rencana cadangan. Rencana semula untuk mendekati Pluto pada jarak 10.000 kilometer, bisa saja diubah jika kawasan itu dinilai terlalu rapat sehingga membahayakan New Horizons. Dengan kecepatan melaju sangat tinggi, wahana itu bisa hancur meski hanya bertumbukan dengan partikel kecil. (TIS/ foto : NASA/Sidomi News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar