Labels

Translate

Minggu, 07 Oktober 2012

Pengisi Daya, Penolong Kala Darurat

charger
Jangan pernah anggap enteng baterai di ponsel, tablet atau laptop. Pada suatu kali, mungkin saja kita akan mengalami saat genting seperti ketika harus segera menelepon bos atau teman di kantor, atau harus segera mengirimkan laporan lewat email ke klien, sementara baterai di ponsel, tablet atau laptop, sudah berkedip-kedip pertanda akan mati. 

Kalau kondisi seperti itu terjadi, silakan berharap Anda membawa kabel charger atau pengisi daya. Itu pun jika ada sumber listrik dalam

jangkauan. Bagaimana jika peristiwa itu terjadi di tengah jalan, sangat jauh dari sumber setrum? Harapannya tinggal berharap ada pengisi daya portabel dalam tas. Jika tak ada, ya berarti, selamat tinggal.

Walaupun kelihatannya sepele, pengisi daya portabel ini bisa menjadi malaikat penolong di saat darurat. Jadi jika Anda sering bepergian dan tak bisa lepas dari ponsel dan internet, selain modem, kabel charger dan kabel data, perkakas pengisi daya ini juga tak boleh terlewat. Seperti apa pengisi daya cadangan yang kita butuhkan?

Jika tidak digunakan, charger ini bisa bertahan hingga tiga bulan, dengan kapasitas yang hanya berkurang 25 persen. …Pertama, seberapa besar kapasitas pengisi daya tergantung pada berapa banyak perangkat yang selalu ada dalam tas. Jika kemana-mana Anda selalu membawa ponsel, konsol game, tablet dan sekaligus laptop, barangkali pengisi daya seperti Energizer xPal-XP18000 lah yang dibutuhkan. Pengisi daya ini memiliki kapasitas setrum 18000 mAh.

Energizer xPal ini mampu mengisi setrum rupa-rupa perkakas. Dia mampu menghidupi laptop selama 6 jam, ponsel pintar selama 42 jam dan kamera 24 jam. Tapi pengisi daya ini harganya lumayan mahal, yakni Rp 1,5 juta, dan lumayan berat, 0,5 kilogram.  

Tapi jika Anda hanya berbekal ponsel Blackberry, iPhone atau ponsel Android, pengisi daya seperti SONY Portable Power Supply CP-A2LS sudah lebih dari memadai. Kapasitas setrumnya, 4000 mAh, dan harganya hanya Rp 400 ribu. SONY Portable Power ini bisa mengisi baterai dua ponsel sekaligus.  Bobotnya sangat enteng, hanya 45 gram. Menurut klaim SONY, pengisi daya ini bisa diisi ulang hingga 500 kali. 

Satu hal yang juga tak boleh lupa, pastikan Anda punya kabel pengisi daya yang cocok dengan ponsel atau laptop. Rata-rata pengisi daya ini menyediakan port USB, mini USB atau micro USB. Pengisi daya portabel besar seperti Energizer xPal juga menyediakan port setrum 9-12 volt untuk perkakas seperti konsol game dan port 16-20 volt untuk laptop, tablet atau netbook.

Namun jika Anda ingin lebih simpel dan trendi, Nokia menawarkan DC-16 Portable USB. Jika tidak digunakan, charger ini bisa bertahan hingga tiga bulan, dengan kapasitas yang hanya berkurang 25 persen.

Tersedia dengan empat warna: hijau kebiru-biruan, merah keungu-unguan, putih dan hitam, DC-16 memiliki daya simpan hingga 2200 mAh. Dengan volume sebesar ini, pengguna bisa dua kali mengisi ulang penuh ponselnya. 

Kendati dikeluarkan Nokia, bukan berarti perangkat ini hanya bisa digunakan untuk produk buatan produsen ponsel asal Finlandia itu saja. Semua perangkat, sepanjang bisa diisi baterai menggunakan microUSB, bisa menggunakan asesoris ini.

Asesoris Nokia tersebut memiliki output 950 mA atau berkapasitas pengisian baterai tertinggi di kelasnya. Dengan kapasitas seperti ini, tak perlu menunggu lama untuk mengisi bater ponsel Anda, sehingga mengikis rasa bosan menunggu baterai penuh.

Charger tersebut memiliki petunjuk empat lampu LED, yang masing-masing menjadi penanda 25 persen isi. Jika empat lampu menyala, mengindikasikan kemampuan isiannya setara dengan 75-100 persen. Namun lampu ini hanya menyala selama 10 detik, dengan tujuan tidak menguras energi yang ada di dalamnya. (Fadel Wicaksana)


sumber : yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar