Labels

Translate

Selasa, 25 September 2012

mengukur kecepatan akses internet


Ukuran kecepatan Akses Internet
                Dalam Pemakaiannya, Internet memiliki kecepatan akses yang berbeda-beda, bergantung pada provider atau saluran yang digunakan. Kcepatan akses Internet akan diukur dari lebar pita (bandwidth) yang merupakan ukuran dari besarnya kapasitas untuk pemindahan atau transfer data. Semakin besar bandwidth yang dimiliki, maka kecepatan aksesnya semakin besar.
                Satuan kecepatan akses internet adalah Kbps (kilobits per second) atau Mbps (Megabits per second). 1 Kilobits  sama dengan 1000 bits dan megabits sama dengan 1.000.000 bits. Misalnya, kecepatan akses internet suatu computer adalah 56 Kbps. Artinya, Komputer tersebut dapat mendownload data sebesar 56  Kb dalam waktu 1 detik.
                Pada Kenyataannya, kecepatan akses internet dipengaruhi oleh factor – factor lain. Faktor Yang mempengaruhi kecepatan akses internet diantaranya adalah : 
1. Kecepatan computer pelanggan. Makin cepat kecepatan computer pelanggan, maka makin cepat kecepatan akses internet. 
2. Kepadatan lalu lintas internet sepanjang rute yang dilalui. Makin padat lalu lintas internet yang diilalui, makam makin lambat kecepatan akses yang diperoleh.
3. Besar Bandwidth yang disewa ISP ke Blackbone Internet. Makin besar Bandwidth yang dimiliki, maka makin besar keceoatan akses yang diterima.
4. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan. Makin banyak pengguna yang mengakses server secara bersamaan, maka kecepatan akses memnurun. 
5. Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan mengakses. Makin cepat server tersebut, maka kecepatan akses makin besar.

  1. 1.       Kecepatan Akses Intenet dengan Dial UP melaliu Jalur PSTN


Apakah  dirumahmu sudah terpasang saluran telepon? Jika sudah dan kamu juga memiliki computer, maka kamu dapat terkoneksi dengan internet. Cara menghubungkan computer ke internet menggunakan kabel telepon biasa atau lebih sering disebut dengan Dial Up. Melalui jalur PSTN.(Public SwItced Telephon Network). Adalah cara menghubungkan computer ke ISP (Internet Service Provider) melalui jaringan telepon regular(PSTN), contohnya adalah “Telkomnet Instan” dari ISP Telkom.
Dial Up merupakan cara mengakses internet dengan menghubungkan computer ke Internet melalui saluran telepon rumah. Untuk melakukan sambungan Dial Up membutuhkan alat bantu yang disebut Modem. Pada umumnya computer yang digunakan untuk Dial Up merupakan computer tunggal. Titik kecepatan akses internet menggunakan Dial Up mencapai 56kbps. Tetapi jika akses dilakukan pada siang hari, kecepatannya akan berkurang karena saluran telepon sangat sibuk.

2.  Kecepatan Akses Internet dengan ADSL



ADSL (Asimetrik Digital Sunbkriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34kHz sampai 1104kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer- data antara modem ADSL dengan modem Konvesional (yang bekerja pada frekuensi dibawah 4kHz) keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (disisi pelanggan dengan menggunakan Splitter untuk memisahan saluran telepon dan saluran modem)
Bandwidth maksimum yang didapat apabila kita menggunakan akses internet menggnakan ADSL adalah:
·         Untuk line rate 389kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 337kbps.
·         Untuk line rate 384kbps, troughput rata-rata (kecepatan download) yang bias didapatkan sekitar 40kbps.
·         Unuk line rate 512kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 450kbps.
·         Untuk lne rate 512kbps, troughput rata-ratake (kecepatan download) yang bias didapatkan sektar 52kbps.


3. Kecepatan Akses Internet dengan GPRS
Kebutuhan industri akan komunikasi yang mobile menyebabkan GPRS menjadi salah satu teknologi komunikasi data yang banyak digunakan saat ini. GPRS adalah kepanjangan dari general packet radio service, yaitu komunikasi data dan suara yang di lakukan dengan menggunakan gelombang radio. GPRS memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak ( mobile ).

Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data ( dalam bentuk paket data ) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar ( MMS ), dan penelusuran ( browsing ) Internet. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136, walaupun jaringan GPRS saat ini terpisah dari GSM.

Dalam teorinya , GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer atau notebook.

4. Kecepatan Akses Internet Dengan 3G

3G ada singakatan dari third-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu pada perkembangan technology telepon nirkabel ( wireless )

3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang memberikan kecepatan akses sebagai berikut :
a. Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat ( mobile )
b. Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan ( pedestrian )
c. Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat

5. Kecepatan Akses Internet dengan WiFi

Teknologi jaringan tanpa kabel yang dikenal dengan Wirelless Fidelity (WiFi) menggunakan frekuensi tinggi berada pada spektrum 2,4 GHz.WiFi (Wirelless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakaiannya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman.WiFi tidak hanya dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan.Teknologi WiFi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang rapat,kamaer hotel,kampus,dan café-café yang bertanda “WiFi Hot Spot”.

6. Kecepatan Akses Internet Dengan Wireless Broadband

Wireless broadband memungkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat ,termasuk handphone,computer,notebook, dan PDA.Dari segi mobilitas.wireless broadband juga dinilai juga dinilai lebih efisien ketimbang WiFi yang sekarang menjadi standar Internet nirkabel.Jangkauan WiFi masih terbatas kira-kira sampai 100 meter,sementara wireless broadband diklaim dapat diakses sampai jarak 1 kilometer dari stasiun pemancarnya.

Akses wireless broadband juga disebut masih bias diterima didalam kendaraan berkecepatan 60 kilometer per jam.wireless broadband dikembangkan Samsung bersama dengan Electronics and Technology Research Institute (ETRI) dan telah mendapat sertifikatdari Wimax Forum.Teknologi ini mampu mengirim data dengan kecepatan hingga 50 Mbps.Kecepatan transfer data mampu mengungguli kecepatan transfer data berplatform HSPDA yang memiliki kemampuan mengirim data hingga 14 Mbps.

7 . Kecepatan Akses Internet dengan LAN (Local Area Network)

               Salah satu cara untuk terhubung ke Internet adalah dengan menghubungkan komputer ke jaringan komputer yang terhubung dengan Internet. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus-kampus, dan warnet (warung internet). Sebuah komputer yang di jadikan server (komputer layanan) di hubungkan ke Internet. Komputer lain di jaringan tersebut kemudian dihubungkan ke server (komputer layanan) di hubungkan ke Internet. Komputer lain di jaringan tersebut kemudian dihubungkan ke server tersebut. Biasanya komputer yang berfungsi sebagai server dihubungkan dengan sebuah Internet Service Provider (ISP) melalui kabel telepon atau melalui antena. Sedangkan, untuk menghubungkan komputer ke komputer server dilakukan dengan menggunakan kartu LAN (LAN Card) dan kabel koaksial (UTP). Kebanyakan, LAN mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, 1000 Mbps.

             8. Kecepatan Akses Internet dengan TV Kabel

          Jaringan TV kabel untuk menghubungkan komputer ke Internet telah banyak digunakan. Televisi kabel dinilai cocok terutama untuk pengguna Internet dari kalangan keluarga (rumah tangga). Kelebihan mengakses Internet dengan menggunakan TV kabel dapat mengakses setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.
Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke Internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna dan 2,5 Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar